Strategi Bisnis dengan menjadi Instagram Influencer

Salah satu industri yang paling terang-terangan diubah oleh Instagram yakni industri modelling.

Tahun-tahun sebelumnya, industri model ini hanya mengandalkan agensi model.

Jika ada brand yang memerlukan orang untuk melakukan campaign atau iklan, harus menghubungi agensi model. Namun Instagram kini mengubahnya.

Dengan beberapa strategi sosial yang terbukti efektif, seseorang sekarang ini bisa menjadi selebriti dalam waktu semalam.

Siapa pun juga bisa mengiklankan sesuatu di media sosial, memberi pengaruh yang besar dan mengubah dinamika kekuatan industri digital.

Sebagai contoh, akun Instagram @AlexisRen memiliki video berdurasi 60 detik yang berhasil ditonton hingga lebih dari 6,3 juta kali.

Model seperti Ren ini berkembang dengan sangat pesat, disertai dengan videonya yang laris ditonton dan follower yang bertambah setiap hari.

Penonton telah membuatnya menghasilkan uang sendiri, sehingga ia pun tak peru bergabung dengan agensi model. Ini yang disebut influencer.

Bagaimana Influencer Menumbuhkan Virus Tersebut?

Di Indonesia, cara seperti itu juga telah digunakan oleh banyak artis dan media-media bisnis. Caranya dengan membawa tema-tema tertentu untuk mempengaruhi para follower.

Tema-tema tersebut tentu merupakan tema-tema yang akan berpengaruh dengan bisnisnya.

Ada beberapa strategi unik yang digunakan untuk mewujudkannya. Berikut adalah tiga cara di yang bisa digunakan seseorang untuk menjadi influencer.

1. Pertanyaan palsu

Setelah postingan Anda ditampilkan untuk pertama kalinya di Instagram, memiliki follower dan following sangatlah penting.

Algoritma Instagram menentukan post apa yang harus ditunjukkan berdasarkan hubungan Anda dengan akun yang Anda follow.

Hubungan antar akun di kalkulasi oleh algoritma Instagram berdasarkan hirarki. Misalnya, apabila Anda hanya menyukai (like) postingan dari sebuah akun, tanpa interaksi lainnya, maka ini menunjukkan hubungan yang rendah dengan akun tersebut.

Namun, jika Anda sering mengomentari akun tersebut, ini akan menunjukkan hubungan yang lebih intens – artinya Anda terlihat memiliki engagement yang tinggi pada akun yang Anda follow.

Indikator hubungan terkuat juga muncul apabila Anda menyimpan postingan tertentu dari akun tersebut, serta sering mengirim pesan langsung (DM) ke akun tersebut.

Aktifkan influencer Anda dengan sering bertanya dan cepat menjawab pertanyaan dalam Instagram Story.

Contohnya: “Siang ini makan apa ya yang enak?”, “Apa film favoritmu bulan ini?” atau “lagu apa yang kamu rekomendasikan?”

Pertanyaan sederhana ini, seringkali hanya membutuhkan satu jawaban kata, namun bisa menghasilkan ribuan DM dari follower, yang secara signifikan mampu meningkatkan jangkauan sebuah postingan.

Strategi ini bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda pebisnis barang-barang elektronik, influencer Anda bisa bertanya pada follower Anda melalui postingan yang Anda unggah seperti, “apa ponselmu sekarang? ingin fotomu tampil lebih kece?” dan lain sebagainya.

2. Engagement Pods

Agar postingan bisa menjadi viral, maka algoritma Instagram harus menganggap postingan tersebut “berkualitas tinggi”.

Algoritma menilai kualitas tulisan dengan melihat hal-hal seperti rasio hubungan/keterlibatan antar akun.

Rasio hubungan/keterlibatan melibatkan hitung-hitungan statistik, misalnya, berapa banyak orang yang melihat postingan tersebut dan kemudian berinteraksi di dalamnya, lalu menghitung perbandingan total jangkauan dengan total keterlibatan.

Semakin tinggi angka ini semakin baik kualitas postingan-nya menurut algoritma. Postingan “berkualitas tinggi” akan ditampilkan di halaman Explore.

Inilah rahasia postingan yang viral di Instagram.

Dengan menggunakan jaringan influencer di Instagram ini, Anda akan menciptakan hubungan yang baik apabila influencer menyukai dan mengomentari tulisan terbaru dalam waktu tiga jam setelah diunggah.

Hasil manipulasi algoritmik ini akan menghasilkan postingan yang viral! Postingan akan menembus halaman Explore dan memiliki like yang sangat banyak.

Strategi ini sangat efektif bila akun yang terlibat berada dalam posisi yang sama.

Misalnya jika Anda adalah seorang selebriti, Anda harus bertautan atau berteman dengan akun-akun yang relevan. Tujuannya agar follower yang mengikuti akun tersebut juga bisa melihat keberadaan akun Anda.

Hal ini tentu juga bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Follow dan bertemanlah dengan akun yang relevan dengan bisnis Anda.

3. Re-engagement

Tidak mungkin ada yang instan. Untuk terus menciptakan postingan yang viral secara konsisten, penting untuk mempertahankan engagement.

Begitu influencer mendapatkan follower, ada banyak yang harus Anda lakukan.

Beri penghargaan untuk follower yang setia, hargai keterlibatan follower pada influencer Anda.

Anda harus rajin mengecek komentar yang diposting oleh follower, dan kemudian menyukai serta membalas komentar mereka.

Kemudian akan muncul “penggemar spesial” karena lebih sering berinteraksi dengan influencer dibandingkan dengan follower lainnya.

Untuk mempertahankan engagement, kenali juga follower “bayangan” atau biasa disebut dengan ghost follower.

Jenis follower ini merupakan follower yang belum pernah terlibat dengan 30 postingan terakhir si influencer.

Setelah mengidentifikasi follower bayangan ini, libatkan mereka dengan influencer atau produk Anda. Strategi ini kemudian akan mengubah follower bayangan menjadi follower yang aktif.

Instagram memiliki kelebihan yang bisa membuat influencer atau produk Anda semakin terkenal.

Dengan bereksperimen dengan influencer ini, bisnis Anda bisa menjadi viral, membuka lebih banyak jangkauan organik dan menumbuhkan follower yang aktif dan benar-benar terlibat.

Itulah beberapa trik-trik jitu agar produk Anda semakin terkenal di Instagram.

Memang membuat produk untuk menjadi tren di dunia maya bukan perkara yang mudah.

Anda harus mengetahui trik-trik jitunya agar mampu bersaing dan unggul dalam kompetisi yang ada di dalam media sosial ini.